BLOG

  • A STORY ABOUT DIGITAL WORLD
aplikasi hris DrApps

APLIKASI HRIS DI INDONESIA

Posted by admin at 14 Oct, 2019

Sebelum membahas mengenai Aplikasi HRIS, mari kita mengenal istilah tentang HRD, Apa yang dimaksud dengan HRD? Kepanjangan HRD adalah Human Resource Department, dimana arti HRD adalah suatu bagian dari perusahaan yang bertanggungjawab untuk mengelola sumber daya manusia (SDM) di perusahaan tersebut, mulai dari perencanaan SDM, rekrutmen, pengembangan, manajemen kinerja, penentuan gaji/ kompensasi, dan menumbuhkan hubungan kerja.
HR(Human Resource) merupakan proses yang sangat kompleks terutama pada sebuah perusahaan yang besar atau memiliki sampai dengan ratusan pegawai. bayangkan saja, mengurus diri sendiri saja sulit apalagi harus mengurus ratusan pegawai dengan beragam latar belakang serta behavior.

FUNGSI HRD

Mengacu pada arti HRD yang dijelaskan sebelumnya, pada dasarnya unit ini memiliki fungsi menangani semuanya yang berhubungan dengan sumber daya manusia di suatu perusahaan. Pada pelaksanaannya, fungsi HRD dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu fungsi internal dan fungsi eksternal.
1. Fungsi Internal
Secara umum, fungsi internal Human Resource Department adalah untuk melakukan perencanaan SDM, perekrutan, orientasi, pengembangan SDM, manajemen kinerja, penentuan gaji/ kompensasi, dan menumbuhkan hubungan kerja. Selain itu, pihak HRD juga bertanggungjawab dalam pengadaan kegiatan pelatihan terhadap sumber daya manusia agar dapat bekerja sesuai dengan harapan perusahaan.
2. Fungsi Eksternal
Fungsi eksternal Human Resource Department adalah menyediakan konseling di luar perusahaan kepada tenaga kerja. Namun, dalam pelaksanaannya tentu saja harus memperhatikan tingkat kemampuan dan kemauan dari pihak yang akan mengikuti konseling tersebut.

HRD MASA KINI

Dewasa ini, banyak dari perusahaan sudah memanfaatkan sebuah Aplikasi HRIS untuk melakukan digitalisasi kegiatan HRD yang ada di perusahaannya. yang dimaksud Digitalisasi adalah mengubah semua proses yang sebelumnya menggunakan proses manual menjadi proses yang otomatis sehingga kinerja HRD pasti akan meningkat. selain itu kesalahan kesalahan yang sebelumnya mungkin terjadi pada sistem manual, tentu saja tidak akan terjadi pada sebuah sistem HRD yang sudah Digital.

KEUNTUNGAN APLIKASI HRIS

Dengan menggunakan Aplikasi HRIS, perusahaan memiliki beberapa keuntungan seperti :
- Database Karyawan yang sudah tersentralisasi
- Paperless
- kehadiran karyawan yang bisa dimonitor secara live dengan sistem yang sudah terkoneksi dengan mesin fingerscan
- Talent management Pool yang akurat
- Payday yang jauh lebih efisien
- Mengurangi kesalahan pembayaran
- Laporan strategis yang cepat dan akurat

APLIKASI HRIS

Tentu saja banyak sekali Aplikasi HRIS, yang terdapat di ondonesia terutama jakarta. namun perusahaan harus cerdik dalam memilih dan melakukan implementasi sebuah aplikasi. tentu saja dengan memilih aplikasi yang tepat dan sebaiknya dapat dilakukan sebah customisasi. mengapa ? karena setiap proses HR akan berbeda di setiap perusahaan maka dari itu pilihlah Aplikasi HRIS CUSTOM yang dapat perusahaan andalkan.